Kamis, 22 Desember 2011

cara membuat linux live USB

Dengan semakin banyak dan berkembangnya Sistem Operasi Linux, terutama banyaknya distro Linux gratis yang bisa kita gunakan seperti Ubuntu, Kubuntu, Fedora, PCLinuxOS dan lainnya, mungkin membuat sebagian yang belum pernah mencoba penasaran. Bagi pengguna Windows, ada alternatif untuk mencoba tanpa harus install di komputer, dengan menggunakan USB Flashdisk saja.
Sebelumnya saya juga pernah mengulas tentang Membuat Bootable Linux dalam USB Flashdisk dengan software UNetBootin. Kini ada alternatif software lain yang lebih mudah dan juga mempunyai beberapa kelabihan lain, yaitu Linux Live USB Creator ( disingkat LiLi ).
Linux Live USB Creator mendukung berbagai distro Linux, selengkapnya bisa dilihat diSupportes Linuxes. Selain bisa membuat bootable USB Linux, dengan Lili ini, kita juga bisa membuat Linux langsung berjalan di windows tanpa harus booting. Dibanding UNetBootin, penggunaannya juga lebih mudah.

Linux Live USB Creator memiliki berbagai fitur sebagai berikut:
1. Karena menggunakan Live USB, maka anda bisa menyimpan data dan menginstallsoftware di sistem operasi linux anda. Ini berbeda ketika anda menggunakan Live CD yang tidak memungkinkan anda untuk menyimpan data dan menginstall software di linux tersebut.
2. Anda bisa menggunakan Linux secara langsung di komputer windows anda tanpa harus melakukan reboot dll. Fungsinya tidak jauh berbeda dari VirtualBox.
3. Mendukung hampir semua versi linux yang ada seperti Ubuntu, Fedora, Debian, OpenSUSE, Mint, Slax, CentOS, ArchLinux, Gentoo, PCLinuxOS, Sabayon, BackTrack, Puppy Linux dan masih banyak lagi. Versi lengkap linux yang didukung oleh Linux Live USB Creator bisa anda baca disini:
http://www.linuxliveusb.com/en/supported-linuxes
4. Dilengkapi dengan SmartClean untuk menguninstall secara tuntas Live USB yang tidak anda inginkan. Serta dilengkapi pula dengan SmartDownload untuk mendownload Linux dengan versi yang anda inginkan.
5. Linux Live USB Creator akan memberitahu anda ketika sebuah file ISO linux corrupt.
6. Linux Live USB Creator menyembunyikan semua file instalasi Linux di USB stick anda sehingga tampak bersih, yang tampak hanyalah 2 key yang bisa anda akses untuk menjalankan linux tersebut.
7. Mampu memberikan auto update di linux anda jika versi terbaru dari linux yang anda gunakan telah dirilis.
8. Mudah digunakan baik oleh pemula maupun oleh expert.
Cara menggunakan Linux Live USB Creator atau yang lebih sering disebut sebagai LiLi USB Creator ini sangatlah mudah, cukup ikuti langkah berikut ini:
1. Siapkan USB Stick / USB flash Disk / USB flash drive anda yang memiliki format FAT32 atau FAT dan konekkan ke komputer windows anda.
2. Download dan install Linux Live USB Creator disini
    http://linuxliveusb.com/downloads/?version=stable
3. Buka Linux Live USB Creator, pilih USB yang akan anda gunakan, pilih lokasi source installer linux anda (ISO/IMG/ZIP, CD atau langsung download),pilih file ISO chempup tentukan bersarnya ukuran persistence (ukuran disk space),
Pilih "Hide created files on key" dan "Format the key in FAT32" . Setelah semuanya sudah terpilih klik lightning icon (gambar petir).

5. Biarkan hingga proses installisasi sempurna

6. Restart kemudian ganti boot dengan pilihan usb sebagai prioritas utama

7. pilih live cd dan masukan ke chempup

source : www.linuxliveusb.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar